.

Proses Akreditasi

  PROSES AKREDITASI 2022


MTs. "BADRUL ULUM" SIDIGEDE
WELAHAN JEPARA
Persiapan Akreditasi 2022

Kepala Madrasah
  1. Mempelajari Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020
  2. Mengikuti Sosialisasi Akreditasi oleh BAN S/M
  3. Sosialisasi akreditasi kepada seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)
  4. Membentuk TIM Akreditasi sesuai dengan banyaknya butir instrumen
    Komponen I.   Mutu lulusan sebanyak 11 butir (1-11)
    Komponen II.   Proses Pembelajaran 7 butir (12-18)
    Komponen III.   Mutu Guru 4 butir (19-22)
    Komponen IV.   Managemen Sekolah 13 butir (23-35)
    jumlah semua 35 butir, masing-masing komponen dikoordinir satu orang, dan satu orang sebagai leader/koordinator dari semua komponen.
  5. Menunjuk Waka Kurikulum, Guru, Komite Madrasah dan Siswa  yang akan diwawancarai (untuk Guru bisa lebih dari satu)
  6. Menunjuk Guru untuk melakukan PBM yang dilihat langsung oleh Asessor
  7. Melakukan pengecekan kesiapan dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk digital sesuai dengan kelompok butir instrumen
Guru
  1. Berdasarkan bidang tugas tim melakukan pencarian, pengumpulan dokumen sesuai butir instrumen
  2. Mengubah dokumen fisik menjadi dokumen digital
  3. Mengumpulkan hasil dokumen digital ke folder masing-masing Kinerja Inti (folder Kinerja Inti I Mutu Lulusan, II. Proses Pembelajaran, III. Mutu Guru, IV. Managemen Sekolah)
Hari Pertama
Sesi I
  1. Perekenalan
  2. Wawancara dengan Kepala Madrasah
  3. Wawancara dengan Waka Kurikulum (bisa bergantian) dengan menjukan dokumen yang dibutuhkan.
Sesi II
  1. Wawancara dengan guru
  2. Wawancara dengan Siswa
  3. Wawancara dengan Komite Sekolah (untuk orang tua dapat diwakili oleh Komite Madrasah)
Hari Kedua
  1. Proses Pembelajaran (Proses Belajar Mengajar/PBM) langsung dilihat oleh Asessor 2 orang online dan 1 orang semi online (melakukan pembelajaran online yang direkam dengan aplikasi Visitasi Online dari Asessor) 
  2. Penutup / Penutupan secara online.

Strategi MTs. "Badrul Ulum" Sidigede pada Akreditasi 2022
  1. Melakukan sosialisasi ke semua PTK
  2. Membentuk TIM Akreditasi
  3. Mengubah dokumen fisik menjadi dokumen digital
  4. Menyimpan dan memanagemen file dokumen digital ke Google Drive
  5. Membuat folder besar untuk Akreditasi
  6. Didalam folder besar Akreditasi dibuatkan 4 folder sesuai banyaknya komponen (Kompnen I Mutu Lulusan, II. Proses Pembelajaran, III. Mutu Guru, IV. Managemen Sekolah)
  7. Masing-masing folder komponen diisi/dibuatkan foder masing-masing butir (Untuk masing-masing folder butir bisa diisi dengan file dokumen yang dimiliki, bisa lebih dari satu)
  8. Folder besar Akreditasi dibagikan dengan setting "Editor" (dengan setting ini anggota tim dapat mengirim/menguunggah filenya langsung tanpa harus setor ke koordinator)
  9. Leader/Koordintor semua komponen mengecek folder besar secara online apakah sudah terisi lengkap, sesuai atau belum.
  10. Untuk memudahkan pencarian dokumen yang dibutuhkan setiap butir dibuatkan blog yang mengacu pada IASP, dengan cara ini saat membutuhkan dokumen sesuai dengan butir instrumen, kita klik judul  butir tersebut dan selajutnya terbuka isi dari dokumen butir tersebut.
Lain-lain saat visitasi
  1. Ditanya tentang Visi sekolah untuk semua yang diwawancarai
  2. Ditanya tentang adanya pembullyan (Bully)
  3. Pertanyaan bersifat crosscek kesemua yang diwawancarai.
  4. dll.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar disini