.

Program Bimbingan dan Konseling

Program Bimbingan dan Konseling

Abdul Basir, S.Pd

Program Bimbingan dan Konseling dipercayakan kepada Abdul Basir, S.Pd, selaku Waka Kesiswaan MTs. Badrul Ulum Sidigede, Pelayanan Bimbingan Konseling di madrasah merupakan kelanjutan pengembangan pelayanan Bimbingan Konseling di MTs. “Badrul Ulum” Sidigede, sebagai pelayanan yang terpadu dengan segenap pelayanan yang ada di madrasah, karakteristik,  tujuan pendidikan, kurikulum dan peserta didik sehingga pelayanan Bimbingan Konseling secara kongkrit diarahkan kepada pengembangan berbagai kompetensi siswa. Kompetensi yang akan dikembangkan sebagaimana tergambar dalam diagram sebagai berikut : 
a.      Tugas Perkembangan
Tugas-tugas Perkembangan untuk siswa Madrasah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah dan Sederajat adalah :
1.      Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tauhan Yang Maha Esa.
2.    Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik adan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat.
3.      Mencaoai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita.
4.      Memamantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas.
5.      Mengenal kemampuan, bakat dan minat serta arah kecendrungan karir dan apresiasi seni.
6.      Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan masyarakat.
7.      Mengenal gambaran dan mengembangkan suikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi.
8.      Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga negara.

b.      Bidang Bimbingan
      1.  Bidang Bimbingan Pribadi
Pelayanan bImbingan Pribadi di madrasah  bertujuan membantu siswa untuk mengenal, menemukan, dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mandiri serta sehat jasmani dan rohani.
2.      Bidang Bimbingan Sosial
Pelayanan Bimbingan Sosial di madrasah bertujuan membatu siswa memahami diri dalamkaitannya denganliongkluingan dan etika pergaulan sosial, yang dilandasi budi pekerti luhur dan bertanggung jawab.
3.      Bidang Bimbingan Belajar
Pelayanan Bimbingan Belajar di madrasah bertujuan membantu siswa dalam mengenal, menumbuhkan, dan mengembangkan diri, sikap dan kebiasaan belajar yang baik untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mempersiapkan melanjutkan pedidikan yang lebih tinggi atau berperan serta dalam kehidupan masyarakat.
4.      Bimbingan Karier
Pelayanan Bimbingan Sosial di madrasah bertujuan mengenal potensi diri sebagai prasyarat mempersiapkan masa depan karier masing-masing siswa.

Rincian Materi Pokok dari keempat Bidang Bimbinbgan Konseling tersebut adalah  sebagai berikut :

No.
BIDANG BIMBINGAN
MATERI POKOK
1.
Bimbingan Pribadi
1.      Pemantapan kebiasaan dan mengembangkan sikap dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Pemahaman kekuatan diri dan arah pengembangannya melalui kegiatan yang kreatif dan produktif baik dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat maupun untuk perannya di masa depan.
3.      Permahaman bakat dan minat pribadi serta pe4nyaluran dan pengembangan melalui kegiatan yang kreatif dan produktif.
4.      Mengenal kelemahan diri dan upaya penanggulangannya.
5.      Pemahaman dan pengenalan hidup sehat.
2.
Bimbingan Sosial
1.      Pengembangan kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan.
2.      Pengembangan kemampuan bertingkah laku dan dan berhubungan  sosial baik di rumah, di madrasah maupun dimasyarakat dengan menjunjung tinggi tata krama sopan santun serta nilai-nilai agama, adat istiadat dan kebiasaan yang berlaku.
3.      Pengembangan hubungan yang berhubungan dengan teman sebaya di dalam masyarakat pada umumnya.
4.      Pemahaman dan pengamalan disiplin dan peraturan madrasah.
3.
Bimbingan Belajar
1.        Pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dalam mencari informasi dari berbagai sumber dalam bersikap terhadap guru dan staf terkait, mengerjakan tugas dan mengembangkan keterampilan serta dalam menjalani program penilaian, perbaikan dan pengayaan.
2.        Mengembangkan disiplin belajar dan berlatih, baik secara mandiri maupun berkelompok.
3.        Mengembangkan penguasaan materi belajar di MADRASAH.
4.        Mengembangkan pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik sosial budaya di lingkungan madrasah atau alam sekitar untuk mengembangkan pengetahuan keterampilan dan pengembangan pribadi.
5.        Orientasi Belajar di madrasah menengah, baik umum maupun kejuruan.
4.
Bimbingan Karier
1.      Pengenalan Konsep diri berkaitan dengan bakat, dan kecendrungan pilihan jabatan serta arah pengembangan karier.
2.      Pengenalan bimbingan karier khususnya berkenaan dengan pilihan kerja.
3.      Orientasi dan informasi jabatan dan usaha memperoleh penghasilan.
4.      Pengenalan berbagai lapangan kerja yang dapat dimasuki tamatan MADRASAH.
5.      Orientasi dan onformasi pendidikan menengah baik umum maupun kejuaruan sesuai dengan cita-cita melanjutkan pendidikan dan pengembangan karier.

c.       Kompetensi
Penjabaran kompetensi akan dikembangkan melalui kegiatan konseling yang selanjutnya diikuti perumusan materi pengembangan masing-masing kompetensi, kegiatan layanan, kegiatan pendukung serta penilaian. Untuk mewujudkan kompetensi yang dimaksudkan itu hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :
  1. Perhatikan masing-masing Tugas Perkembangan untuk setiap jenjang satuan Pendidikan Madrasah Menengah Pertama.
  2. Tugas perkembangan tersebut diorientasikan ke dalam Empat Bidang Bimbingan Konseling ( Pribadi, Sosial, Belajar dan Karier ).
  3. Butir-butir tugas perkembangan yang telah diorientasikan ke dalam empat bidang tertentu selanjtnya dijabarkan ke dalam kompetensi-kompetensi yang relevan.
  4. Kompetensi-kompetensi yang dimaksud tersebut dijadikan acuan untuk menentukan materi pokok yang akan menjadi isi layanan dan kegiatan pendukung bimbingan konseling.
  5. Berdasarkan materi yang ditetapkan tadi, ditetapkanlah kegiatan ( layanan dan pendukung ) bimbingan konseling yang perlu dilaksanakan disertai proses Penilaiannya.

Materi kompetensi yang dikembangkan melaluikegiatan konseling sekaligus juga memuat materi pendidikan budi pekerti, dan hasil penerapan uraian tersebut di atas merupakan Silabus Kegiatan Bimbingan Konseling di MTs.”Badrul Ulum” Sidigede.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar disini