.

Ekskur Kepramukaan

Ekskul Kepramukaan




Kata Pengantar
 Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyusunan Progran Kerja Gugus Depan 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede. Program kerja ini merupakan acuan bagi Dewan Kerja Penggalang dan Pembina Penggalang pada Gudep 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede untuk menjalankan aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan MTs. Badrul Ulum Sidigede. Diharapkan dengan program kerja ini pelaksanaan kegiatan kepramukaan Gudep 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede dapat terarah, terencana dan berhasil dengan baik, sehingga peningkatan mutu pendidikan kepramukaan yang merupakan tujuan pendidikan kepramukaan di Gudep 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede dapat tercapai.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada :
  1. Bapak Kepala MTs. Badrul Ulum Sidigede
  2. Unsur Pembina dan Pembantu Pembina pada Gudep 12.25 - 12.26  MTs. Badrul Ulum Sidigede
  3. Semua anggota pramuka penggalan pada Gudep 12.25 - 12.26  Pangkalan MTs. Badrul Ulum Sidigede
Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun akan kami harapkan demi kesempurnaan program kerja Gudep 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua. 

Jepara, 18 Juli 2020
Tim Penyusuan


BAB I
PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang
Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di Madrasah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam Madrasah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di Madrasah merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.

B. Dasar Kegiatan
Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah: 
  1. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2015 tentang Gerakan Pramuka 
  2. Keputusan Munas No. 11/Munas/2013 Tahun 2013 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka 
  3. SK Gerakan Pramuka No. 220 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-pokok Organisasi Gerakan Pramuka 
  4. SK Gerakan Pramuka No. 231 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugesdepan Gerakan Pramuka 
  5. SK Gerakan Pramuka No. 202 Tahun 2011 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Sistem Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka 
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013, kegiatan ekstrakurikuler merupakan perangkat operasional (supplement dan complements) kurikulum yang perlu disusun dan dituangkan dalam rencana kerja tahunan dan kalender pendidikan Madrasah.
  7. Program Kerja Madrasah yang dijabarkan dalam program kerja Gerakan Pramuka Gugus Depan 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede tahun pelajaran 2020/2019 
C. Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini : 
  1. Untuk memberikan arahan kepada Pelaksana Gugus Depan 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede dalam melaksanakan kegiatan selama satu periode. 
  2. Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di MTs. Badrul Ulum Sidigede. 
D. Sasaran
Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugusdepan yang meliputi: 
  1. Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan 12.25 - 12.26 (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Madrasah sebagai penguasa tertinggi di MTs. Badrul Ulum Sidigede yang dibantu oleh Wakil Kepala, Urusan Kurikulum, Urusan Kesiswaan,Urusan Humas dan Urusan Sarana Prasarana. 
  2. Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu Gugus Depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD) 
  3. Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
  4. Peserta didik (Penggalang) yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di Madrasah.


BAB II
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN 

Program kerja gugus depan 12.25 - 12.26  MTs. Badrul Ulum Sidigede dapat dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok program Tersebut adalah sebagai berikut :       

A. Program Umum Gugus Depan 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede
1.      Seksi Kegiatan Operasional dan Tekspram
a.         Pencapaian SKU
b.        Pencapaian SKK
1).     2 macam SKK Agama 
2).     2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya 
3).     2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan 
4).      2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan 
5).     2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup 
c.         Peningkatan mutu latihan pramuka penggalang meliputi jenjang:
1).     Ramu 
2).     Rakit 
3).     terap 
d.        Gladian Pemimpin Regu
e.         Perkemahan Sabtu, Minggu
f.          Penjelajahan dan Survival Game
g.         Perkemahan Jauh
h.         Lomba Tingkat I
i.           Bakti Masyarakat
j.           Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang
k.         Musyawarah Gugus Depan
2.     Seksi Penelitian dan Pengembangan
  • Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
  • Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
3.     Seksi Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
a.          Buku Induk Gugus Depan 
b.         Stempel Gugus Depan 
c.          Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan 
d.         Buku Administrasi Keuangan 
e.          Daftar Inventaris Gugus Depan 
f.           Buku Tamu Gugus Depan 
g.          Laporan Semester Gugus Depan 
h.         Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan (Log Book) 
i.           Pengadaan alat pionering yang meliputi tali dan tongkat pramuka 
j.           Bendera Gugus Depan yang meliputi : Bendera Tunas Kelapa, Bendera Pramuka Sedunia dan Bendera Semaphore dan Morse 
k.         Papan Nama Gugus Depan.
l.            Sanggar Bakti Pramuka 
4.     Bidang Keuangan
Penggalian dana kegiatan yang meliputi :
a.          Iuran peserta didik 
b.         Sumbangan dari MABIGUS 
c.          Sumbangan lain yang tidak mengikat

B. Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaran program dalam semester gugus depan 25/26 MTs. Badrul Ulum Sidigede dapat dijabarkan sebagai berikut:       
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN 12.25 - 12.26 
MTS. BADRUL ULUM SIDIGEDE SEMESTER GANJIL 
Bulan : JULI 2020 sampai dengan DESEMBER 2020
NO
KEGIATAN
BULAN KE
KET.
1
2
3
4
5
6
1.
Penerimaan anggota pasukan
X






2.
Latihan SKU Penggalang
X
X
X
X
X
X

3.
Ujian SKU Penggalang Ramu



X
X


   
C. JADWAL LATIHAN MINGGUAN GUGUS DEPAN 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede
Adapun jadwal latihan harian gugus depan 12.25 - 12.26  sebagai berikut :
NO
HARI/TANGGAL
WAKTU
KEGIATAN
PELAKSANA
1
Jum'at, 27 Juli 2020
13.30 - 14.00
Upacara Pembukaan
Pembina Dan Dewan Kerja
14.00 - 15.30
Pengenalan gudep dan Pembagian Regu
15.30 - 15.45
Upacara Penutupan
15.45 - 16.00
Sayonara

D. Penjabaran Masing-Masing Program
1. Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut : 
a.          Latihan rutin dilakukan setiap hari jum’at 
b.         Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan 
c.          Pemberi materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka dibantu dewan penggalang. 
d.         Rincian materi latihan rutin adalah : 
1.        PBB
2.        Pionering, tali temali, macam-macam ikatan 
3.        Sandi pramuka (huruf rahasia) 
4.        Pemahaman Dasa Dharma dan Tri Satya 
5.        P.U kepramukaan
6.        Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penggalang Ramu, Rakit dan Terap 
7.        Syarat Kecakapan Khusus (SKK) 
8.        Perkemahan Pramuka dan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)
9.        Permainan Pramuka 
10.    Peta Pita
11.    Kompas
12.    Panorama
13.    Keagamaan
14.    Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan 
2. Penggalian Dana melalui Iuran Anggota
Dalam menunjang setiap kegiatan diperlukan dana. Untuk penggalian dana dilakukan dengan mengadakan bumbung kepramukaan seiklasnya pada tiap anggota setiap latihan rutin. (tergantung hasil keputusan Rapat Anggota dengan Dewan Kerja Penggalang).
3. Musyawarah Gugus Depan
a.     Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan hidup gugus depan. 
b.     Dalam kegiatan ini dirumuskan : 
1)    Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan 
2)    Susunan Pembina Gugus Depan 
3)    Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang) 
c.     Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah: 
1)    Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu 
2)    Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri 
3)    Pembina pramuka 
4)    Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak 
5)    Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Kaur 
6)    Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan semua Kegiatan tersebut bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di Madrasahan.
4. Kegiatan Perkemahan
a. Perkemahan Sehari (Persari)
1.     Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan kedua dan ketiga semester 1
2.     Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
3.     Kegiatan ini meliputi :
a.     Penjelajahan dan halang rintang
b.     Kegiatan kunjungan ke tempat rekreasi 
c.     Latihan Dasar Kepemimpinan
d.     Lomba ketrampilan

b. Perkemahan Dekat (di Madrasah) 
1.     Kegiatan Persami dilaksanakan pada bulan ke 2 semester I 
2.     Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Sabtu,minggu yang dimulai pada pukul 15.00 WIB (sabtu) dan diakhiri pada pukul 13.00 WIB (minggu) 
3.     Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Persami adalah : 
4.     Penerimaan tamu pasukan (anggota baru) 
5.     Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat 
6.     Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) 
7.     Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 
 c. Perkemahan Jauh (di luar Madrasah/diluar kabupaten) 
1.     Kegiatan ini dilakukan pada Akhir Semester II
2.     Waktu melakukan kegiatan ini adalah minimal 2 hari maksimal 3 hari 
3.     Kegiatan yang dapat dimasukkan pada kegiatan ini adalah: 
a.     Kegiatan Bakti Masyarakat 
b.     Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 
c.     Kegiatan Lomba lomba
d.     Pelantikan dan kenaikan tingkat
4.     Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting 
a.     Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan 
b.     Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu. 
5.     Kegiatan Insidental 
a.     Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak mengikat 
b.     Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan 
c.     Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah 
d.     Kegiatan kunjungan ke anggota gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan) 
e.     Mengikuti kegiatan yang berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain).
  


BAB III
ORGANISASI

            A. Susunan Pengurus Gugus Depan 12.25 - 12.26
                Pengurus Gugus Depan disusun berdasarkan musyawarah gugus depan. 
                Adapun susunan  pengurus  Gugus Depan dapat dijabarkan sebagai berikut : 
1.         Kamabigus                         : Drs. H. Sholeh
2.         Ketua                                   : Sunjoyo Hadi Cipto, S.Pd
3.         Sekretaris                           : Renny Febtiani, S.Pd
4.         Bendahara                          : Budi Suryani
5.         Seksi kegiatan                   : Nur Khayati, S.Pd.I
6.         Humas                                : Abdul Basir, S.Pd
7.         Anggota                              :  Drs, Ahmad Kasir, Atabik, S.Pd, Samiun, S.Com
8.         Pembantu Pembina          : Dewan Kerja Kelas VIII, IX dan Dewan Kerja Alumni

         B. Susunan Pengurus Dewan Penggalang
             Pengurus Dewan Kerja Penggalang  disusun berdasarkan Reorganisasi Pengurus Dewan                  Penggalang. Adapun susunan Pengurus Dewan Penggalang dapat dijabarkan sebagai berikut :
  1. Pratama                                                                           : ........................................
  2. Pratami                                                                            : ........................................
  3. Wapratama                                                                     : ........................................
  4. Wapratami                                                                      : ........................................
  5. Kerani Pa                                                                        : ........................................
  6. Kerani Pi                                                                         : ........................................
  7. Juru Uang            Pa                                                        : ........................................
  8. Juru Uang            Pi                                                         : ........................................
  9. Pemangku Adat Pa                                                         : ........................................
  10. Pemangku Adat Pa                                                         : ........................................
  11. Bidang Dewan Pramuka Penggalang Putra                :

1.    Bidang Bina Organisasi                                             : ........................................
2.    Bidang Bina Sumber Daya Manusia                       : ........................................
3.    Bidang Bina Masyarakat                                           : ........................................
4.    Bidang Bina Rumah Tangga                                     : ........................................
5.    Sub. Bidang Teknik Kepramukaan                          : ........................................
6.    Sub. Bidang Giat Operasional                                   : ........................................
7.    Sub. Bidang Penelitian dan Evaluasi                       : ........................................
8.    Sub. Bidang Pembinaan dan Pengembangan         : ........................................
9.    Koordinator Kelas                                                      : ........................................

Bidang Dewan Pramuka Penggalang Putri                 :
1.    Bidang Bina Organisasi                                             : ........................................
2.    Bidang Bina Sumber Daya Manusia                        : ........................................
3.    Bidang Bina Masyarakat                                           : ........................................
4.    Bidang Bina Rumah Tangga                                      : ........................................
5.    Sub. Bidang Teknik Kepramukaan                          : ........................................
6.    Sub. Bidang Giat Operasional                                   : ........................................
7.    Sub. Bidang Penelitian dan Evaluasi                       : ........................................
8.    Sub. Bidang Pembinaan dan Pengembangan         : ........................................
9.    Koordinator Kelas                                                      : ........................................
   

  
BAB IV
RENCANA ANGGARAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS DEPAN MTs. BADRUL ULUM SIDIGEDE
TAHUN PELAJARAN 2020-2019



       Adapun Rencana Anggaran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Gugus Depan MTs. Badrul Ulum Sidigede Tahu Pelajaran 2020 – 2019 sebagai berikut

NO
JENIS KEGIATAN
RENCANA ANGGARAN
1.
Latihan Rutin
RP      

2.
HUT Pramuka
RP         

3.
Persami
RP      

4.
Pelantikan Dewan
RP      

5.
Dianpinru
RP         

6.
LCT Pramuka
RP      

7.
Outboand
RP      

8.
Kemah
RP   
+
JUMLAH
                                            RP      

  

  
BAB V
PENUTUP

Akhir kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan pada kami Pembina pramuka gugus depan 12.25 - 12.26 , sehingga kami dapat menyusun program kerja  sesuai dengan kemampuan yang kami miliki saat ini. Selanjutnya, kami mohon maaf sebesar-besarnya jikalau dalam kegiatan di lapangan maupun pengadaan administrasi yang kami buat jauh dari sempurna, kami mengharapkan kritik dansaran yang membangun demi terwujudnya kegiatan dan program yang lebih baik di masa yang akan datang.
   
Mengetahui
Kamabigus 


Drs. H. SHOLEH


Jepara, 18 Juli 2020
Pembina


SUNJOYO HADI CIPTO, S.Pd






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar disini