.

Kesenian Marching Band



Marching Band merupakan salah satu jenis seni bermusik yang sudah bermula dari tradisi purba sebagai kegiatan yang dilakukan oleh beberapa musisi yang bermain musik secara bersama-sama dan dilakukan sambil berjalan untuk mengiringi suatu perayaan ataupun Manusia tidak bisa lepas dari seni, terutama seni musik yang memanjakan telinga kita. festival. Di Indonesia, budaya drum band merupakan pengembangan lebih lanjut atas budaya drum band yang sebelumnya berada di bawah naungan organisasi PDBI (Persatuan Drum Band Seluruh Indonesia) yang dibina oleh Menpora (Menteri Pemuda dan Olah Raga). Drum band lahir sebagai kegiatan yang memfokuskan penampilan pada permainan musik dan visual secara berimbang, berbeda dengan drum band yang lebih memfokuskan sebagai kegiatan olah raga.



Marching Band sudah masuk ke dalam kegiatan ekstra kurikuler dihampir setiap sekolah / madrasah. Bukan hal yang aneh dan terkesan mahal untuk memainkan alat Marching Band saat ini. Bahkan menjadi ketinggalan jaman jika madrasah / sekolah tidak memilikinya.



MTs. Badrul Ulum Sidigede merupakan salah satu madrasah di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara yang telah memiliki sarana tersebut untuk mengembangkan minat dan bakat para siswa-siswinya. Sehingga diharapkan perkembangan mentalitas sumber daya manusia siswa/siswi khususnya pada bidang seni dapat ditingkatkan menjadi sebuah prestasi yang membangnggakan.




Nama tim Marching Band MTs. Badrul Ulum Sidigede adalah “ALUNAN NADA SIMFONI”.

VISI, MISI DAN MOTTO

Visi  : Menciptakan Generasi yang kreatif, disiplin dan ceria menuju prestasi nan gemilang.

Misi :

Tertciptanya kreatifitas para siswa-siswi dalam mengembangankan minat dan bakatnya
Terciptanya mentalitas tim yang disiplin, taat dan patuh pada peraturan yang ada
Terciptanya sikap anggota tim yang sopan, ceria dan gembira dalam penampilan
Terwujudnya tim drumband yang solid, unggul dan memperoleh prestasi yang gemilang.

Motto :
BERSATU DALAM MELODI
Tujuan :
Pelaksanaan pembelajaran drumband.bertujuan untuk menambah wawasan teoritis dan ilmiah bagi siswa, pelatih dan kegiatan pengembangan seni musik pada umumnya tentang pembelajaran marching band.
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan pendahuluana) Mengabsen siswa
b) Member Motivasi kepada siswa
c) Mengulas materi dari pertemuan sebelumnya

Kegiatan Inti
  1. Mempraktekkan susunan tangga nada kedalam alat music dram band yang dipergunakan masing-masing siswa.
  2. Mendengarkan dan menghanyati salah satu lagu nasional
  3. Menghapal not-not lagu angka nasional
  4. Memasukan not-not lagu angka nasional kedalam alat musik yang dipergunakan masing-masing.

Jenis Program

Program Kerja Mingguan
Program kerja mingguan merupakan program kerja yang rutin dilakukan pada setiap minggu dalam kepengurusan Drum Band. Program kerja mingguan secara rinci adalah :
1)  Latihan rutinLatihan rutin dilakukan satu kali dalam satu minggu yaitu pada hari Jumat pukul 14.50 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Latihan diadakan satu kali seminggu dengan tujuan supaya anggota dapat meningkatkan keterampilan dalam memainkan alat musik 
Marching  Band baik perkusi, alat tiup.


2) Pengkondisian alatPengkondisian alat dimaksudkan agar rotasi pemasukan dan pengeluaran alat dari gudang berjalan dengan rapi. Teknis yang dipakai adalah seksi latihan mengeluarkan alat. Setelah semua alat yang diperlukan sudah keluar baru diambil oleh anggota. Setelah selesai latihan alat kembali diletakkan di luar gudang dan seksi latihan bertanggung jawab untuk memasukkan ke dalam gudang. Dengan demikian kerusakan alat dapat diminimalisasi.


3) EvaluasiSetelah selesai latihan maka seluruh anggota berkumpul terlebih dahulu di dalam ruang untuk mengevaluasi hasil latihan. Evaluasi meliputi presensi, peningkatan keterampilan dan pembacaan agenda latihan untuk hari berikutnya. Dari evaluasi tersebut diketahui perkembangan selama latihan. Evaluasi dipimpin oleh pelatih.

Program Kerja Bulanan

Dalam program kerja bulanan Drum Band kegiatan berupa:
1)  Rapat Pengurus Marching BandRapat pengurus terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara yang sekaligus  merangkap sebagai seksi latihan diadakan sebulan sekali dengan koordinasi dari ketua. Tujuan dari rapat pengurus adalah membahas tentang keaktifan anggota dalam mengikuti latihan dan kemajuan yang dicapai dalam latihan selama satu bulan. Dalam rapat tersebut akan dihasilkan laporan yang diserahkan kepada pembina Marching Band, tahap berikutnya akan memberikan sanksi berupa teguran.

2)   Inventarisasi alatSetiap bulan diadakan inventarisasi alat untuk mengetahui keadaan alat, sehingga apabila terdapat kerusakan alat dapat segera diperbaiki. Teknis pelaksanaan alat yang rusak dilaporkan kepada pembina selanjutnya diperbaiki dengan menggunakan uang kas dan uang dari donatur dengan jumlah sesuai dengan kerusakan. Dengan inventarisasi secara rutin diharapkan kondisi peralatan Marching Band tetap dalam kondisi baik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar disini