Kata Pengantar
Ucapan terima kasih
kami sampaikan kepada :
- Bapak
Kepala MTs. Badrul Ulum Sidigede
- Unsur
Pembina dan Pembantu Pembina pada Gudep 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede
- Semua
anggota pramuka penggalan pada Gudep 12.25 - 12.26 Pangkalan MTs. Badrul Ulum Sidigede
Kami menyadari bahwa
dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu
saran dan kritik yang membangun akan kami harapkan demi kesempurnaan program
kerja Gudep 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede. Akhirnya semoga program
kerja ini bermanfaat bagi kita semua.
Jepara, 18 Juli 2020
Tim Penyusuan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Gerakan pramuka sebagai satu-satunya
wadah kegiatan kepanduan di Madrasah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak
yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar
jam-jam Madrasah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan
kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam
peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang
baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih
sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada
tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka
dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji
pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam
pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi
pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada
keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka
dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari
unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam
pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan
penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang
berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan
tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di Madrasah
merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan
tersebut.
B. Dasar Kegiatan
Yang menjadi dasar penyusunan program
kerja gugus depan pramuka adalah:
- Undang-undang Nomor 12 Tahun 2015 tentang Gerakan Pramuka
- Keputusan Munas No. 11/Munas/2013 Tahun 2013 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
- SK Gerakan Pramuka No. 220 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-pokok Organisasi Gerakan Pramuka
- SK Gerakan Pramuka No. 231 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugesdepan Gerakan Pramuka
- SK Gerakan Pramuka No. 202 Tahun 2011 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Sistem Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013, kegiatan ekstrakurikuler merupakan perangkat operasional (supplement dan complements) kurikulum yang perlu disusun dan dituangkan dalam rencana kerja tahunan dan kalender pendidikan Madrasah.
- Program Kerja Madrasah yang dijabarkan dalam program kerja Gerakan Pramuka Gugus Depan 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede tahun pelajaran 2020/2019
C. Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai dengan
disusunnya program kerja ini :
- Untuk memberikan arahan kepada Pelaksana Gugus Depan 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede dalam melaksanakan kegiatan selama satu periode.
- Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di MTs. Badrul Ulum Sidigede.
D. Sasaran
Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur
yang terdapat dalam suatu gugusdepan yang meliputi:
- Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan 12.25 - 12.26 (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Madrasah sebagai penguasa tertinggi di MTs. Badrul Ulum Sidigede yang dibantu oleh Wakil Kepala, Urusan Kurikulum, Urusan Kesiswaan,Urusan Humas dan Urusan Sarana Prasarana.
- Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu Gugus Depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
- Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
- Peserta didik (Penggalang) yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di Madrasah.
BAB II
PROGRAM KERJA GUGUS
DEPAN
Program kerja gugus depan 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede dapat dijelaskan
dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program.
Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun
pembagian kelompok program Tersebut adalah sebagai berikut :
A. Program Umum Gugus Depan 12.25 - 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede
1.
Seksi Kegiatan Operasional dan Tekspram
a.
Pencapaian SKU
b.
Pencapaian SKK
1).
2 macam SKK
Agama
2).
2 macam SKK
Patriotisme dan Seni Budaya
3).
2 macam SKK
Ketangkasan dan Kesehatan
4).
2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik
Pembangunan
5). 2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban
Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
c.
Peningkatan mutu
latihan pramuka penggalang meliputi jenjang:
1).
Ramu
2).
Rakit
3).
terap
d.
Gladian Pemimpin Regu
e.
Perkemahan Sabtu,
Minggu
f.
Penjelajahan dan
Survival Game
g.
Perkemahan Jauh
h.
Lomba Tingkat I
i.
Bakti Masyarakat
j.
Pengiriman regu
penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang
k.
Musyawarah Gugus
Depan
2.
Seksi Penelitian dan
Pengembangan
- Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
- Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
3.
Seksi Sarana dan
Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan
administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
a.
Buku Induk Gugus
Depan
b.
Stempel Gugus
Depan
c.
Buku Jurnal Kegiatan
Harian / Mingguan
d.
Buku Administrasi
Keuangan
e.
Daftar Inventaris
Gugus Depan
f.
Buku Tamu Gugus
Depan
g.
Laporan Semester
Gugus Depan
h.
Catatan Peristiwa
Penting Gugus Depan (Log Book)
i.
Pengadaan alat
pionering yang meliputi tali dan tongkat pramuka
j.
Bendera Gugus Depan
yang meliputi : Bendera Tunas Kelapa, Bendera Pramuka Sedunia dan Bendera
Semaphore dan Morse
k.
Papan Nama Gugus
Depan.
l.
Sanggar Bakti Pramuka
4.
Bidang Keuangan
Penggalian dana kegiatan yang meliputi :
a.
Iuran peserta
didik
b.
Sumbangan dari
MABIGUS
c.
Sumbangan lain yang
tidak mengikat
B. Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaran program dalam semester gugus
depan 25/26 MTs. Badrul Ulum Sidigede dapat dijabarkan sebagai berikut:
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN 12.25 - 12.26 MTS. BADRUL ULUM SIDIGEDE SEMESTER GANJIL
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN 12.25 - 12.26 MTS. BADRUL ULUM SIDIGEDE SEMESTER GANJIL
Bulan : JULI 2020 sampai dengan
DESEMBER 2020
NO
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET.
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
1.
|
Penerimaan anggota pasukan
|
X
|
||||||
2.
|
Latihan SKU Penggalang
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
3.
|
Ujian SKU Penggalang Ramu
|
X
|
X
|
C. JADWAL LATIHAN MINGGUAN GUGUS DEPAN 12.25
- 12.26 MTs. Badrul Ulum Sidigede
Adapun jadwal
latihan harian gugus depan 12.25 - 12.26
sebagai berikut :
NO
|
HARI/TANGGAL
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
PELAKSANA
|
1
|
Jum'at, 27 Juli 2020
|
13.30 - 14.00
|
Upacara Pembukaan
|
Pembina Dan Dewan Kerja
|
14.00 - 15.30
|
Pengenalan gudep dan Pembagian Regu
|
|||
15.30 - 15.45
|
Upacara Penutupan
|
|||
15.45 - 16.00
|
Sayonara
|
D. Penjabaran Masing-Masing Program
1. Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin
dapat dirinci sebagai berikut :
a.
Latihan rutin
dilakukan setiap hari jum’at
b.
Latihan rutin
dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan
c.
Pemberi materi adalah
Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka dibantu dewan penggalang.
d.
Rincian materi
latihan rutin adalah :
1.
PBB
2.
Pionering, tali
temali, macam-macam ikatan
3.
Sandi pramuka (huruf
rahasia)
4.
Pemahaman Dasa Dharma
dan Tri Satya
5.
P.U kepramukaan
6.
Syarat Kecakapan Umum
(SKU) Penggalang Ramu, Rakit dan Terap
7.
Syarat Kecakapan
Khusus (SKK)
8.
Perkemahan Pramuka
dan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)
9.
Permainan
Pramuka
10.
Peta Pita
11.
Kompas
12.
Panorama
13.
Keagamaan
14.
Kegiatan lain yang
berupa kegiatan insidental dan spontan
2. Penggalian Dana melalui Iuran Anggota
Dalam menunjang setiap kegiatan diperlukan dana. Untuk
penggalian dana dilakukan dengan mengadakan bumbung kepramukaan seiklasnya pada
tiap anggota setiap latihan rutin. (tergantung hasil keputusan Rapat Anggota
dengan Dewan Kerja Penggalang).
3. Musyawarah Gugus Depan
a. Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah
yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan hidup gugus
depan.
b.
Dalam kegiatan ini
dirumuskan :
1)
Susunan Majelis Pembimbing
Gugus Depan
2)
Susunan Pembina Gugus
Depan
3)
Susunan Pengurus
Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
c.
Peserta dalam
kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
1)
Perwakilan Anggota
yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu
2)
Pemimpin Regu Utama (Pratama)
putra dan putri
3)
Pembina pramuka
4)
Pembantu pembina yang
terdiri para pramuka penegak
5)
Unsur Mejelis
Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah,
Kaur
6)
Unsur Tokoh
Masyarakat sekitar Gugus Depan semua Kegiatan tersebut bisa dilakukan
bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di Madrasahan.
4. Kegiatan Perkemahan
a. Perkemahan Sehari (Persari)
1.
Kegiatan Persari
dilaksanakan pada bulan kedua dan ketiga semester 1
2.
Kegiatan ini biasanya
dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
3.
Kegiatan ini meliputi
:
a.
Penjelajahan dan
halang rintang
b.
Kegiatan kunjungan ke
tempat rekreasi
c.
Latihan Dasar
Kepemimpinan
d.
Lomba ketrampilan
b. Perkemahan Dekat (di Madrasah)
1.
Kegiatan Persami
dilaksanakan pada bulan ke 2 semester I
2.
Bentuk kegiatan
adalah kegiatan Perkemahan Sabtu,minggu yang dimulai pada pukul 15.00 WIB
(sabtu) dan diakhiri pada pukul 13.00 WIB (minggu)
3.
Macam-macam kegiatan
yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Persami adalah :
4.
Penerimaan tamu
pasukan (anggota baru)
5.
Kegiatan Pelantikan
Kenaikan Tingkat
6.
Kegiatan Musyawarah
Gugus Depan (MUGUS)
7.
Latihan Dasar
Kepemimpinan (LDK)
c. Perkemahan Jauh
(di luar Madrasah/diluar kabupaten)
1.
Kegiatan ini
dilakukan pada Akhir Semester II
2.
Waktu melakukan
kegiatan ini adalah minimal 2 hari maksimal 3 hari
3.
Kegiatan yang dapat
dimasukkan pada kegiatan ini adalah:
a.
Kegiatan Bakti
Masyarakat
b.
Kegiatan Latihan
Dasar Kepemimpinan (LDK)
c.
Kegiatan Lomba lomba
d.
Pelantikan dan
kenaikan tingkat
4.
Laporan Rutin Ke
Kwartir Ranting
a.
Kegiatan ini
dilakukan pada tiap bulan
b.
Hal-hal yang
dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan
kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.
5.
Kegiatan Insidental
a.
Kegiatan ini
dilakukan diluar program yang tidak mengikat
b.
Kegiatan ini
dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
c.
Macam kegiatan dalam
kegiatan ini adalah
d.
Kegiatan kunjungan ke
anggota gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar
undangan)
e.
Mengikuti kegiatan
yang berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep
lain).
BAB III
ORGANISASI
A. Susunan Pengurus
Gugus Depan 12.25 - 12.26
Pengurus Gugus Depan disusun
berdasarkan musyawarah gugus depan.
Adapun susunan pengurus Gugus Depan dapat dijabarkan sebagai berikut
:
1.
Kamabigus : Drs. H. Sholeh
2.
Ketua : Sunjoyo Hadi
Cipto, S.Pd
3.
Sekretaris : Renny Febtiani, S.Pd
4.
Bendahara : Budi Suryani
5.
Seksi kegiatan : Nur Khayati, S.Pd.I
6.
Humas : Abdul Basir,
S.Pd
7.
Anggota : Drs, Ahmad Kasir,
Atabik, S.Pd, Samiun, S.Com
8.
Pembantu Pembina : Dewan Kerja Kelas VIII, IX dan Dewan
Kerja Alumni
B. Susunan Pengurus Dewan Penggalang
Pengurus Dewan Kerja Penggalang disusun berdasarkan Reorganisasi Pengurus
Dewan Penggalang. Adapun susunan Pengurus Dewan Penggalang dapat dijabarkan
sebagai berikut :
- Pratama : ........................................
- Pratami : ........................................
- Wapratama : ........................................
- Wapratami : ........................................
- Kerani Pa : ........................................
- Kerani Pi : ........................................
- Juru Uang Pa : ........................................
- Juru Uang Pi : ........................................
- Pemangku Adat Pa : ........................................
- Pemangku Adat Pa : ........................................
- Bidang Dewan Pramuka Penggalang Putra :
1. Bidang Bina
Organisasi : ........................................
2. Bidang Bina Sumber
Daya Manusia : ........................................
3. Bidang Bina
Masyarakat : ........................................
4. Bidang Bina Rumah
Tangga : ........................................
5. Sub. Bidang Teknik
Kepramukaan : ........................................
6. Sub. Bidang Giat
Operasional : ........................................
7. Sub. Bidang
Penelitian dan Evaluasi : ........................................
8. Sub. Bidang
Pembinaan dan Pengembangan : ........................................
9. Koordinator Kelas : ........................................
Bidang Dewan Pramuka Penggalang Putri :
1. Bidang Bina
Organisasi : ........................................
2. Bidang Bina Sumber
Daya Manusia : ........................................
3. Bidang Bina
Masyarakat : ........................................
4. Bidang Bina Rumah
Tangga : ........................................
5. Sub. Bidang Teknik Kepramukaan : ........................................
6. Sub. Bidang Giat
Operasional : ........................................
7. Sub. Bidang
Penelitian dan Evaluasi : ........................................
8. Sub. Bidang
Pembinaan dan Pengembangan : ........................................
9. Koordinator Kelas : ........................................
BAB IV
RENCANA
ANGGARAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS
DEPAN MTs. BADRUL ULUM SIDIGEDE
TAHUN
PELAJARAN 2020-2019
Adapun
Rencana Anggaran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Gugus Depan MTs. Badrul Ulum
Sidigede Tahu Pelajaran 2020 – 2019 sebagai berikut
NO
|
JENIS
KEGIATAN
|
RENCANA
ANGGARAN
|
|
1.
|
Latihan Rutin
|
RP
|
|
2.
|
HUT Pramuka
|
RP
|
|
3.
|
Persami
|
RP
|
|
4.
|
Pelantikan Dewan
|
RP
|
|
5.
|
Dianpinru
|
RP
|
|
6.
|
LCT Pramuka
|
RP
|
|
7.
|
Outboand
|
RP
|
|
8.
|
Kemah
|
RP
|
+
|
JUMLAH
|
RP
|
BAB V
PENUTUP
Akhir kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak
yang telah memberikan kepercayaan pada kami Pembina pramuka gugus depan 12.25
- 12.26 , sehingga kami dapat menyusun program kerja sesuai dengan
kemampuan yang kami miliki saat ini. Selanjutnya, kami mohon maaf
sebesar-besarnya jikalau dalam kegiatan di lapangan maupun pengadaan
administrasi yang kami buat jauh dari sempurna, kami mengharapkan kritik
dansaran yang membangun demi terwujudnya kegiatan dan program yang lebih
baik di masa yang akan datang.
Mengetahui
Kamabigus
Drs. H. SHOLEH
|
Jepara, 18 Juli 2020
Pembina
SUNJOYO HADI CIPTO, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tinggalkan komentar disini