Sejarah Singkat MTs. Badrul Ulum Sidigede


Gedung Madrasah

Sekitar Tahun 1990   : Tokoh-tokoh masyarakat Sidigede bermusyawarah tentang nasib anak-anak tamatan SD maupun MI dikawasan Kecamatan Welahan bagian barat, utamanya bagi mereka yang nasibnya kurang beruntung. Waktu itu Kecamatan Welahan mendapat paket SMP Negeri sampai dua kali selalu tak terealisir dan akhirnya di pindahkan ke Kecamatan lain karena tidak tersedianya areal pertanahan yang mencukupi target untuk paket SMP Negeri tersebut. Setiap tahunnya tamatan SD maupun MI yang mampu melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi, prosentasinya lebih kecil bila dibandingkan dengan yang tidak mampu melanjutkan. Hal ini dikarenakan jauhnya lokasi tempat pendidikan dengan tempat tinggal mereka. Padahal alat transportasi masih langka, adanya "dhokar" / "andhong". Kalau toh ingin beli sepeda ekonomi maysarakat masih sangat pas-pasan. Berangkat dari kenyataan tersebut para tokoh sepakat untuk mendirikan lembaga SLTP di kawasan Kecamatan Welahan bagian barat yakni di Desa Sidigede.

Berangkat dari dasar pemikiran tersebut dari tahun ke tahun Warga Desa Sidigede berupaya mendirikan lembaga pendidikan islami, maka pada tahun 1993 Warga Desa Sidigede mengadakan musyawarah bersama antara tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama (kiyai) di Gedung MI “Badrul Ulum” dengan membuahkan kesepakatan bersama untuk mendirikan MTs. “Badrul Ulum” Sidigede, dengan sumber dana :
1.   Para donatur dermawan-dermawati Warga Desa Sidigede
2.   Para donatur dermawan-dermawati Warga Desa Sidigede yang berada di Pasar 
 Pramuka Jakarta.
3.   Pemerintah Desa Sidigede
4.   Pemerintah Kabupaten Jepara
5.   Motovasi dan dorongan sepenuhnya dari Kyai-kyai Desa Sidigede untuk 
   menggerakkan warga masyarakat Sidigede untuk memikirkan bersama atas berdirinya dan perkembangan MTs. Badrul Ulum.

     Alhamdulillah atas anugrah dan rahmat Allah SWT Warga Desa Sidigede berhasil mengumpulkan dana, membeli sebidang tanah milik Ibu Hj. Suharti , beliau meluluskan dengan harga yang telah disepakati bersama. Setelah jual beli selesai dilaksanakan, bahkan beliau Ibu Hj. Suharti mewakafkan sebagian tanahnya pada lokasi tersebut, pada tahap berikutnya Bapak Sudarno juga mewakafkan dari sebagian tanahnya pada lokasi tersebut, Demikian pula halnya Bapak Hasyim dengan rela menukarkan sebagian tanahnya kepada Panitia pendiri agar tanah itu memadahi untuk didirikan bangunan yang layak. Setelah tanah berhasil diperoleh, mulailah Panitia Pendiri melangkah untuk memulai bangunan tersebut, dengan merencanakan 8 ruang lantai dasar. Lantai dasar berhasil di capai, kemudian panitia merencanakan melanjutkan pembangunan untuk 8 lantai yang kedua.
Untuk mengukuhkan berdirinya MTs. Badrul Ulum tersebut, akhirnya tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Sidigede  dalam hal ini dikawkili oleh :
1.      Bapak Gutomo bin Subardi ( Tinggal di Desa Sidigede RT 13 RW 03 )
2.      Bapak Zhazeri Shiddiq  ( Tinggal di Desa Sidigede RT 01 RW 01 )
3.      Bapak Hayadi  ( Tinggal di Desa Sidigede RT 01 RW 01 )
4.      Bapak Haji Busthomi  ( Tinggal di Desa Sidigede RT 07 RW 02)
5.      Bapak K. Muhammad Ghozali  ( Tinggal di Desa Sidigede RT 01 RW 01 )
6.      Bapak Doktorandus Sholeh Manshur ( Tinggal di Desa Sidigede RT 15 RW 03 )

Menghadap kepada Bapak Mohamad Dahlan Kosim, SH  Pejabat Pembuat Akte Notaris Jepara untuk dibuatkan Akte Notaris sebagai legimitasi berdirinya MTs. Badrul Ulum Sidigede. Akhirnya alhamdulillah terbitlah AKTE YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM BADRUL ULUM SIDIGEDE tanggal 8 Juli 1993  Nomor 20, untuk mendirikan dan mengelola :
1.      Taman Kanak-kanak  ( terealisir TPQ Badrul Ulum )
2.      Madrasah Ibtidaiyah / MI ( terealisir MI Badrul Ulum )
3.      Mdarsah Tsanawiyah / MTs  ( terealisir MTs Badrul Ulum )
4.      Madrasah Aliyah / MA  (  mohon do’a restu dari pembaca )
5.      Madin Awwaliyah  ( terealisir Madin Awwaliyah Badrul Ulum )
6.      Madin Wustho ( terealisir Madin Wustho Badrul Ulum )
7.      Madin Ulya  ( mohon do’a restu dari pembaca )

MTs. Badrul Ulum, mengalami perkembangan sebagai berikut : 
Tahun Pelajaran pertama 1993/1994 menerima siswa baru 2 kelas, dengan diikuti terbitnya Ijin Operasional dari Departemen Agama Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah tertanggal 14 Oktober 1993 Nomor : Wk/5.c/PP.00.5/2871/93 yang disyahkan oleh An. Kepala Bidang Pembinaan Perguruan Agama Islam Drs. H. Arbain Mahmud. Atas usaha yang keras dari penyelenggara dan pelaksana pendidikan MTs Badrul Ulum mengikuti akreditasi, akhirnya diterbitkan Piagam Jenjang Akreditasi TERDAFTAR  tertanggal 22 Pebruari 1995 Nomor : Wk/5.C/PP.003.1/530/18/95, yang disahkan oleh  Kepala Bidang Pembinaan Perguruan Agama Islam Drs. H. Arbain Mahmud, atas berkat rahmat Allah SWT satu tahun kemudian  memperoleh Piagam Jenjang Akreditasi DIAKUI tertanggal 3 Juli 1996 Nomor : B/Wk/5.c/Pgm/249/1995 yang disahkan oleh Departemen Agama Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah H.D. Sunaryo, SH. sepuluh tahun kemudian MTs Badrul Ulum baru mengikuti akreditasi dan alhamdulillah memperoleh Piagam Akrditasi Madrasah Tsanawiyah sebagai madrasah Terakreditasi B ( Baik ) dari Departemen Agama Kantor Wilayah Propinsi Jawa Tengah tertanggal 29 April 2005 Nomor : Kw.11.4/4/PP.03.2/264.20.21/2005 yang disahkan oleh An. Kepala Bidang Mapenda Islam Drs. H. Abdul Choliq, MT, M.Ag. Enam tahun kemudian mengikuti akretitasi yang dilaklsanakan oleh Badan Akreditasi Nasioanal Sekolah / Madrasah ( BAN-S/M ), dan alhamdulillah memperoleh Setifikat Akreditasi Sekolah Menengah Pertama / Madrasah dengan peringkat Terakreditasi B ( Baik ) tertanggal 27 Oktober 2011 Nomor : 136/BAP/SM/X/2011 yang disahkan oleh Kepala BAN-SM Propinsi Jawa Tengah Drs. H. Subarjo, MM, dengan ringkas status MTs. Badrul Ulum dapat saya paparkan sebagai berikut : 
1. Ijin Operasional tertanggal 14 Oktober 1993 Nomor : Wk/5.c/PP.00.5/2871/93 
2. Status Terdaftar tertanggal 22 Pebruari 1995 Nomor : Wk/5.C/PP.003.1
   /530/18/95 
3. Status Diakui tertanggal 3 Juli 1996 Nomor : B/Wk/5.c/Pgm/249/1995 
4. Status Terakreditasi B tertanggal 29 April 2005 Nomor : Kw.11.4/4/PP.03.2
   /264.20.21/2005. 
5. Status Terakreditasi B tertanggal 27 Oktober 2011 Nomor : 136/BAP/SM/X/2011

Alhamdulillah MTs. Badrul Ulum pada tahun 2013 ini mengalami perubahan yang cukup signifikan semakinn solid lebih-lebih setelah MTs. Badrul Ulum dikomando oleh Bapak H. Amad Busthomi bersama Jajaran Pengurus YPI Badrul Ulum seperti : Zhazeri Shiddiq, S.Pd, Shodiqin, S.Ag, S.Pd, H. Markum, H. Suyanto dengan menggerakkan seluruh elemen masyarakat desa Sidigede, tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama ( Kyai )  desa Sideigede seperti : KH. Maswar, KH. Ahmad Yasin Manshur, KH. Afandi, K. Ahmad Ghozali dan kyai-kyai yang lain Desa Sidigede dengan mempercayakan kepada Sholeh Manshur bersama dewan guru untuk memanag dan mengelola MTs. Badrul Ulum Sidigede. Semoga atas dukungan moral dan do’a restu dari para pembaca, dari hari ke hari tahun ke tahun MTs. Badrul Ulum semakin baik untuk mencetak generasi bangsa yang sholih-sholihah, berakhlak mulia, berprestasi sains dan teknologi, prestasi bahasa dan budaya, prestasi olahraga dan seni. Amiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar